Khutbah Idul Fitri 1441 H; Hari Raya di Tengah Ujian Covid-19

Khutbah 1

اللهُ أَكْبَر 3x، اللهُ أَكْبَر 3x، اللهُ أَكْبَر 3x.
اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلهِ كثيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ، اللهُ أَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ،
أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّد وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنا مُحَمّدٍ

أَمَّا بَعْدُ: فَيَااَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ،
قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ اْلعَظِيْمُ

Saudara-saudaraku, kaum muslimin yang dirahmati Allah.

Alhamdulillah, dipanjangkannya umur hingga detik ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita sebagai muslim. Sebab selain bisa merayakan hari raya ini, kita juga telah diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk beramal di bulan Ramadhan yang baru saja kemarin berlalu.

Namun di sisi lain ada juga yang merasa sedih; sedih karena Ramadhan yang penuh berkah telah pergi dan sedih karena tidak bisa bertemu keluarga yang sangat dicintai.

Bagi yang sedih karena kepergian Ramadhan, optimislah, bahwa harapan untuk bertemu dengannya di tahun depan masih ada. Maka mintalah kesempatan berikutnya kepada Allah. Adapun bagi yang sedih karena tidak bisa bertemu keluarga karena tidak bisa pulang kampung atau karena kerabatnya berada di perantauan, perhatikanlah, kalian tidak sendiri; hampir kita semua mengalami hal yang sama.

Saudara-saudaraku, kaum muslimin yang dirahmati Allah.

Sedih karena tahun ini tidak bisa berhari raya dengan orang-orang tercinta adalah hal yang wajar. Namun tidak perlu larut di dalam kesedihan. Karena akan merugikan diri sendiri. Yakinlah, ada hikmah besar yang Allah berikan di balik ujian wabah virus Covid-19 ini.

Mari sejenak kita perhatikan dan renungi. Rasulullah SAW bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, ia bersyukur, maka itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, ia bersabar, maka itu pun baik baginya.” (HR. Muslim)

Di antara bentuk kebaikan yang didapatkan oleh orang yang sabar adalah diberikannya dua 2 hal yang paling dibutuhkan oleh setiap manusia di dunia dan akhirat, yaitu: ampunan dan rahmat Allah. Allah SWT berfirman:

وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ
"sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar"

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ
"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)."

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَٰتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُهْتَدُونَ

"Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

(QS Al Baqarah: 155-157)

Di ayat lain disebutkan

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

"Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Ujian berupa musibah penyebaran wabah Covid-19 ini juga membuat kita merenung betapa kita adalah makhluk lemah yang butuh pertolongan Allah.

Selain itu, musibah ini juga telah mengingatkan kita betapa rasa aman dan nyaman yang kita rasakan hampir sepanjang hidup kita merupakan nikmat dan anugrah besar dari Allah SWT.

Oleh karena itu, jelaslah bahwa ujian pandemi Covid-19 ini menuntun kita untuk menjadi hamba yang pandai bersyukur, punya keteguhan, di saat yang sama mendekatkan kita pada Allah, Sang Khaliq, Pemberi Kebahagiaan dunia dan akhirat.

اللهُ أَكْبَرُ 3x ولِلّٰهِ الْحَمْد
Saudara-saudaraku, kaum muslimin yang dirahmati Allah.

Meskipun lebaran kita saat ini membatasi jarak fisik dengan orang-orang yang kita cintai, shilaturrahim harus tetap kita jalin, pintu kemaafan tetap dibuka lebar-lebar, uluran tangan kepada kerabat yang membutuhkan tetap diberikan. Namun semuanya harus dilakukan dengan mengikuti prosedur PSBB yang dikeluarkan pemerintah. Jika tidak bisa bertatap muka, setidaknya bisa dilakukan secara virtual.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.


****

Khutbah 2

اللهُ أَكْبَرُ 6x
اللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ،
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ، اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أجمعين. أَمَّا بَعْدُ، أُوْصِيكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللَّهِ
وَاعْلَمُوْا أنَّ اللّٰهَ أمَرَكُمْ بِأمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهٖ، فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.
اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، وَارْضَ اللّٰهُمَّ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ، أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ الصَّالحينَ. اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيعٌ قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ، اللهُمَّ اجْعَلْ عِيدَنَا هَذَا سَعَادَةً وَتَلاَحُمًا، وَمَسَرَّةً وَتَرَاحُمًا، وَزِدْنَا فِيهِ طُمَأْنِينَةً وَأُلْفَةً، وَهَنَاءً وَمَحَبَّةً، وَأَعِدْهُ عَلَيْنَا بِالْخَيْرِ وَالرَّحَمَاتِ، وَالْيُمْنِ وَالْبَرَكَاتِ. اللهُمَّ أَدِمِ السَّعَادَةَ عَلَى وَطَنِنَا، وَانْشُرِ الْبَهْجَةَ فِي بُيُوتِنَا، وَاحْفَظْنَا فِي أَهْلِينَا وَأَرْحَامِنَا، وَأَكْرِمْنَا بِكَرَمِكَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ. اللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَبَاءَ، وَالْفَحْشَاءَ وَلْمُنْكَرَ، وَالسُّيُوْفَ اْلمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ, مِنْ بَلَدِنَا هذا خَآصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً, إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ الْأَبْرَارِ، يَا عَزِيزُ يَا غَفَّارُ. عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى، ويَنْهٰى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen2nya yg damai2 aja ya Sist & Bro! Thanks.