Saat Dua Kelompok Mu’min Bertikai - Kisah Turunnya QS. Al Hujrat ayat 9 dan 10

Suatu saat Rasulullah SAW berangkat mengunjungi Abdullah bin Ubay dengan mengendarai himar, sahabat-sahabat ikut mengiringinya.

Sesampai ditempat berkata : “Enyahlah dariku, demi Allah, bau himarmu ini sudah menggangguku.”

Seorang sahabat, Abdullah bin Rawahah, dari kaum Anshar menjawab: “Demi Allah, sungguh himar Rasulullah (SAW) lebih wangi dari pada kamu”

Pengikut Abdullah bin Ubay pun marah, tidak menerima ucapan sahabat Anshar tersebut. Sementara sahabat-sahabat Abdullah bin Rawahah juga emosi melihat reaksi Abdullah bin Ubay dan pengikutnya. Maka terjadilah perang adu jotos, sandal dan pelepah kurma di antara kedua pihak.

Terkait peristiwa ini Allah Ta’ala pun menurunkan QS. Al Hujrat ayat 9 dan 10:

وَاِنْ طَاۤىِٕفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَاۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰىهُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْۤءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۖفَاِنْ فَاۤءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

(9) “Dan kalau ada dua golongan orng yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.”

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ

(10) “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Di antara pelajaran dalam ayat:
- Ayat ini menjadi dalil bahwa dosa besar seperti pembunuhan dan pemberontakan tidak mengeluarkan seorang mu’min dari keimanan.
- Para pemimpin wajib mendamaikan masyarakat muslim yang bertikai, mengajak mereka pada petunjuk Allah dan menasehati mereka.
- Kelompok yang tidak mau berdamai, tetap menyerang dan melakukan kerusakan harus ditindak oleh pemimpin hingga kembali meja perundingan. Dalam hal ini pemimpin harus memakai prinsip keadilan.
-  Khalifah Ali bin Abi Thalib pernah ditanya tentang status pemberontak pada peristiwa perang Jamal dan perang Shiffin; apakah mereka orang musyrik atau munafiq? Beliau menjawab: “Mereka adalah saudara kita yang memberontak kepada kita”
-

_____
*Kajian Sabtu Shubuh, Tafsir QS. Al Hujurat, Masjid Al Magfirah Vila Mutiara Serpong (27-10-2018)
Rujukan:
- Tafsir Al Wasith syekh Muhammad Sayyid Thanthawi (mantan Grand Syekh Al Azhar Mesir)
- Tafsir Al Munir Dr. Wahbah Zuhaily (Syria)
- Shahih Bukhari
- Shahih Muslim
- Musnad Ahmad

1 komentar:

jhon kabul mengatakan...

Are you facing issues and Blockchain Phone Number
problems while login blockchain exchange? Sometimes an error is out of the proportion and users to find difficult to erase the errors on their own. In order to get rid of login errors in blockchain account, you can always have a conversation with the elite executives by dialing blockchain support number at 1-800-665-6722 which is active all day and night to assist the users. The executives are functional throughout the 365 days of a year for guidance.
Blockchain Number
Blockchain Contact Number
Blockchain Toll Free Number
Blockchain Support Number
Blockchain Phone Number
Blockchain Helpline number
Blockchain Support Phone number
Blockchain Customer Support
Blockchain Customer Service
Blockchain Customer Service Number
Blockchain Wallet phone Number

Posting Komentar

Komen2nya yg damai2 aja ya Sist & Bro! Thanks.